Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu CEO Freeport McMoran Inc Richard Adkerson di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/3).

Bos besar Freeport itu datang bersama para petinggi Freeport antara lain Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas dan Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia sekaligus CFO Freeport McMoran Kathleen Quirk.

Tony menyebut mereka sempat membahas soal perpanjangan izin tambang PT Freeport, yang bakal habis pada 2041 mendatang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Disinggung sedikit (perpanjangan izin Freeport), tapi enggak bahas detail, kan waktunya enggak panjang, kan itu sudah dibahas sebelumnya,” kata Tony.

Selain itu, pertemuannya dengan Presiden Jokowi juga turut membahas mengenai progres pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Manyar Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang diklaim segera beroperasi pada pertengahan 2024.

“Terutama progres smelter yang mencapai lebih dari 92 persen, dengan harapan bisa selesai Mei dan segera beroperasi pada bulan Juni tahun ini dan nanti akan berproduksi penuh di tahun 2024 ini,” ujarnya.

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Richard Adkerson beserta jajaran pimpinan Freeport lainnya juga telah bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Rabu (27/3) sore.

Richard datang bersama Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, CFO Freeport McMoran Kathleen L. Quirk, serta CFO Freeport Indonesia Rob Schroeder.

Sri Mulyani mengaku bertukar pikiran tentang banyak hal dengan bos besar Freeport itu, mulai dari perekonomian global hingga pensiun.

“Sore ini saya menerima kunjungan dari salah satu penggerak industri ekstraktif di Indonesia, @freeportindonesia. Tidak hanya @tonywenas, saya juga menerima kunjungan dari CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson, CFO Freeport Mc-Moran Kathleen L. Quirk, dan juga CFO Freeport Indonesia Rob Schroeder,” kata Sri Mulyani melalui unggahan di akun instagramnya @smindrawati.

“Kami bertukar pikiran tentang banyak hal. Mulai dari lansekap perekonomian global yang masih begitu volatil, konferensi energi terbesar Amerika Serikat yang dilaksanakan di Houston, hingga snapshot kondisi pasar tembaga di dunia kini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Richard juga mengabarkan ia akan pensiun usai 20 tahun menjabat. Ia akan digantikan Kathleen, yang juga hadir dalam rombongan tamu.

“Saya juga menerima kabar bahwa Richard akan berakhir masa jabatannya sebagai CEO Freeport-McMoran setelah 20 tahun menjabat. Richard akan digantikan oleh Kathleen yang kini menjabat sebagai CFO Freeport-McMoran.

Sri Mulyani juga memberikan selamat kepada calon bos anyar Freeport, Kathleen.

“Tidak lupa, saya sampaikan ucapan selamat kepada Kathleen atas penugasan barunya,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *