Jakarta, CNN Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama dengan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM), yang tergabung dalam BRI Group, telah memberangkatkan 12.173 pemudik dalam rangka Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Kementerian BUMN untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik pada musim mudik tahun ini.

Keberangkatan para pemudik ini dilepas secara resmi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama BRI Sunarso, dan Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (5/4). Dengan komposisi pemudik yang cukup besar, BRI memberangkatkan sebanyak 8.706 orang, diikuti oleh Pegadaian dengan 3.214 orang dan PNM dengan 253 orang.

Dalam sambutannya, Sunarso menyampaikan bahwa partisipasi BRI Group dalam acara Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 merupakan bukti nyata komitmen perusahaan BUMN menciptakan social value di tengah masyarakat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Selain memberikan kemudahan bagi pemudik, kehadiran mereka juga menjadi contoh sinergi positif antara perusahaan BUMN dalam mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4).

Ia menambahkan, sebagai upaya dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, BRI Group telah melakukan persiapan matang. Mereka bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk pihak keamanan dan instansi terkait lainnya, untuk memastikan bahwa setiap pemudik dapat pulang kampung dengan selamat dan nyaman.

Di samping itu BRI, Pegadaian dan PNM juga telah memberikan edukasi kepada pemudik tentang pentingnya keselamatan selama perjalanan. Sunarso pun berharap, acara Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal di daerah tujuan.

“Dengan jumlah pemudik yang besar, akan terjadi peningkatan permintaan terhadap berbagai barang dan jasa di sepanjang rute perjalanan. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat, dan selaras dengan core business perseroan yang fokus pada UMKM,” imbuh dia.

Sementara itu, rute perjalanan mudik untuk tahun ini telah ditentukan dengan cermat. Terdapat beberapa jalur yang akan dilalui oleh para pemudik, antara lain Jakarta-Wonogiri dengan 33 bus, Jakarta-Yogyakarta dengan 23 bus, Jakarta-Surabaya dengan 8 bus, dan Palembang-Bandar Lampung dengan 12 bus.

Sunarso pun memastikan bahwa rencana perjalanan ini dirancang untuk memberikan pilihan yang lebih luas bagi pemudik dalam menentukan destinasi akhir mereka.

Sebagai informasi, kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 diikuti oleh peserta pemudik yang berangkat mencapai 80.215 orang, dengan menggunakan 1.225 bus, 60 kereta api, dan 15 kapal laut. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk pulang kampung menggunakan transportasi yang disediakan oleh BUMN.

Acara Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 juga diharapkan dapat memberikan pengalaman yang nyaman dan aman bagi para pemudik. Hal ini tercermin dari persiapan yang matang dari pihak BUMN dalam menyediakan transportasi dan fasilitas lainnya untuk meminimalisasi tingkat kecelakaan dan kesulitan lainnya selama perjalanan mudik berlangsung.

Partisipasi BRI, Pegadaian, dan PNM dalam Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 juga menjadi contoh nyata dari kontribusi BUMN dalam pembangunan bangsa. Melalui kegiatan ini, BUMN tidak hanya berperan sebagai penggerak ekonomi semata, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang turut aktif dalam membangun kebersamaan dan kesatuan diantara masyarakat Indonesia.

(rir)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *