Jakarta, CNN Indonesia

Kembalinya ASEAN Club Championship menyulut semangat penggemar sepak bola di Asia Tenggara. Bertajuk Shopee Cup™, ASEAN Football Federation (AFF) menggandeng platform belanja Shopee sebagai mitra penyelenggara utama, serta SPORTFIVE sebagai mitra komersial eksklusif.

Pada kompetisi Shopee Cup™ yang akan digelar 17 Juli 2024 sampai 21 Mei 2025, juara dan runner-up Liga 1 Indonesia musim lalu, PSM Makassar dan Persija Jakarta diundang sebagai perwakilan Indonesia. Turnamen ini berputar dalam format liga, lengkap dengan babak kualifikasi play-offs dan fase grup yang diikuti oleh 14 klub.




ShopeeShopee resmi menjadi mitra penyelenggara utama ASEAN Football Federation (AFF) pada turnamen Shopee Cup™ musim 2024/2025. (Foto: dok. Istimewa)

Chief Commercoal Officer Shopee, Zhou Jun Jie menyambut hangat kemitraan dengan AFF. Zhou menyatakan, ajang Shopee Cup™ akan menjadi kesempatan untuk terhubung dengan penggemar di Asia Tenggara, sekaligus berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, serta disaat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna melalui ekosistem yang terintegrasi,” ujar Zhou.

Peran besar Shopee dalam Shopee Cup™ juga sejalan dengan wilayah operasional yang dikenal sebagai kawasan dengan euforia suporter sepakbola terbaik di Asia. Sebelumnya, banyak guliran turnamen antarnegara dan liga di negara-negara anggota AFF yang menjadi barometer industri sepakbola.

President of AFF, Major General Khiev Sameth turut menyampaikan kebanggaan bermitra dengan Shopee yang telah dikenal secara global sebagai mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Dirinya menilai kolaborasi ini merupakan momen bersejarah dalam sepak bola Asia Tenggara.

“Bersama-sama, kita membuat sejarah dengan membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” kata Khiev.




ShopeeJurnalis sepakbola Aus Rahman merespons penyelenggaraan Shopee Cup™ lewat akun pribadi di X. (Foto: dok. Istimewa)

Penyelenggaraan Shopee Cup™ akan menampilkan aksi para juara liga nasional dan pemenang piala, atau runner-up dalam situasi tertentu, dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam yang masing-masing menurunkan dua tim, serra Filipina dan Singapura yang diwakili masing-masing oleh satu tim.

Juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar dinyatakan akan bersaing memperebutkan dua tempat di Fase Grup turnamen saat babak kualifikasi play-off.

Adapun ke-12 klub yang telah memenuhi syarat akan dibagi dalam dua grup melalui pengundian resmi atau official draw. Pengundian dijadwalkan pada minggu pertama bulan Mei mendatang, dengan tanggal dan tempat menyusul untuk diumumkan.

Setelah pengundian resmi, klub kemudian akan mulai berlaga dalam fase grup yang dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Tim dengan peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup pada akhir fase grup akan lolos ke semi-final.

Sementara itu, pertandingan semifinal dan final akan dimainkan dalam format kandang dan tandang.

Shopee Cup™ diprediksi akan disambut antusiasme tinggi dari penggemar sepakbola, yang siap menyaksikan aksi para pemain bintang dan mengikuti setiap strategi yang membuat pertandingan jadi makin seru.

“Sebagai perwakilan dari Dewan AFF, saya ingin menyampaikan apresiasi kami atas kemitraan dan dukungan yang diberikan oleh Shopee. Kami berharap kolaborasi apik dengan Shopee serta mitra komersial, SPORTFIVE, dapat menyelenggarakan turnamen sepakbola kelas dunia, serta mampu mengembangkan ekosistem sepakbola ASEAN ke level yang lebih tinggi,” pungkas Khiev Sameth.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *