Jakarta, CNN Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lima lapangan usaha paling banyak menyerap tenaga kerja pada periode Maret 2023 sampai dengan Februari 2024.

Plt Kepala BPS Amalia Widyasanti mengatakan bila dibandingkan dengan Februari 2023, jumlah pekerja di seluruh lapangan usaha meningkat. Diantaranya, lima bidang yang menyerap paling banyak.

“Dalam setahun terakhir, lapangan usaha (pertama) yang menyerap tenaga kerja terbanyak adalah akomodasi dan makan minum yang sebanyak 960 ribu orang,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (6/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua adalah sektor perdagangan yang berhasil merekrut sebanyak 850 ribu pekerja pada periode Maret 2023-Februari 2024. Ketiga, disusul oleh administrasi pemerintah yang menyerap 760 ribu pekerja.

Keempat, penyerapan tertinggi ada di sektor pendidikan sebanyak 520 ribu orang. Kelima bidang aktivitas profesional dan perusahaan sebanyak 150 ribu orang.

Sementara itu, ada tiga lapangan usaha yang tidak mengalami perubahan penyerapan tenaga kerja yaitu pertambangan dan penggalian; pengadaan listrik dan gas; serta real estat.

Secara rinci, jumlah penduduk usia kerja di Indonesia mencapai 214 juta orang. Dari jumlah itu yang tercatat sebagai Angkatan kerja sebanyak 149,38 juta orang, namun yang terserap atau bekerja hanya 142,18 juta orang sehingga sisanya menganggur.

“Dari angkatan kerja tersebut tidak semuanya terserap di pasar kerja sehingga terdapat pengangguran sebanyak 7,2 juta orang,” jelas Amalia.

Apabila ke belakang, jumlah pengangguran pada Februari 2024 ini terendah sejak Februari 2020 yang sudah pernah berhasil turun ke 6,93 juta atau 4,94 persen.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *